LEMBAR
PENGESAHAN
Yang bertanda tangan dibawah
ini
Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Irsyad Al-Islamiyyah
Kecamatan Haurgeulis Kabuupaten
Indramayu
MENGESAHKAN
Program
Kerja Tata Usaha
MTs
Al-Irsyad Al-Islamiyyah Haurgeulis
Tahun
Pelajaran 2010/2011
Haurgeulis, Juli 2010
MTs Al-Irsyad Al-Islamiyyah
Haurgeulis
Kepala Madrasah,
Dede Ikhwanuddin, S.Pd.I
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur
kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Karena berkat Rakhmat dan Karunia-Nya kami dapat
menyelesaikan penyusunan Program Kerja Tata Usaha Tahun Pelajaran 2010/2011. Penyusunan
Program Kerja ini dimaksudkan untuk memberikan arahan dan pedoman khusus bagi
Tenaga Administrasi Tata Usaha MTs Al-Irsyad Al-Islamiyyah Haurgeulis, dan bagi
semua komponen yang terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Dengan adanya
Program Kerja ini diharapkan kegiatan Administrasi Madrasah Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat
berjalan dengan aman, tertib, dan lancar, serta mencapai tujuan yang
diinginkan. Program Kerja Tata Usaha Tahun Pelajaran
2010/2011 ini berisi tentang gambaran penyelenggaraan Administrasi Madrasah,
mulai dari Perencanaan, Persiapan, Pelaksanan, Pengawasan, Evaluasi dan
Pelaporan. Dan diharapkan para personil dapat memiliki
keseragaman langkah, kesatuan bahasa, dan keseimbangan dalam
melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing.
Dalam penyusunan
Program Kerja ini, kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan hasil yang
terbaik. Namun demikian kami menyadari apabila dalam Program Kerja ini masih banyak
kekurangan dan kelemahan, oleh karna itu kami sangat menghargai
saran dan kritik yang konstruktif dari semua pihak untuk
perbaikan dan penyempurnaan Program Kerja ini.
Dan tak lupa kami menyampaikan
rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah
membantu dalam menyelesaikan penyusunan Program Kerja ini. Akhirnya
kami berharap, semoga Program Kerja Tata Usaha Tahun Pelajaran 2010/2011 yang
telah tersusun ini dapat berfungsi secara efektif dan
efisien khususnya di MTs Al-Irsyad Al-Islamiyyah Haurgeulis.
Haurgeulis,
Juli 2010
Penyusun
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila,
bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang
beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur,
berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab,
mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani.
Untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional di atas,
salah satunya adalah adanya pengelolaan administrasi Madrasah yang mencakup
diantaranya dalam peningkatan jenis mutu prasarana dan sarana pendidikan.
Sebagai wujud pencapaian tujuan Pendidikan Nasional dimaksud, maka kegiatan-kegiatan
tersebut di atas harus ditunjang oleh pelayanan administrasi Madrasah yang
teratur, terarah, dan terencana. Dengan pelayanan administrasi Madrasah yang
baik akan menunjang penyelenggaran proses belajar dan mengajar yang baik pula.
Salah satu
upaya kongkrit untuk mencapai tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan, maka
Kepala Urusan Tata Usaha MTs Al-Irsyad Al-Islamiyyah Haurgeulis menyusun
Program kerja yang harus dilaksanakan oleh semua unsur yang terkait dalam
Organisasi Ketatausahaan. Program ini merupakan landasan operasional Tata Usaha
Madrasah yang dilaksanakan secara bertahap berkesinambungan terarah dan
komprehensip sehingga diharapkan dapat berhasil sinergi yang bermanfaat untuk
meningkatkan kinerja karyawan atau Tata Usaha Sekolah.
Kepala
Urusan Tata Usaha Madrasah semaksimal mungkin memaparkan sebagai aspek dan
skedul kegiatan, Namun kami menyadari bahwa tidak tertutup kemungkinan dalam
menyusun program kerja ini belum mencapai tingkat kesempurnaan, baik sisi
subtansi maupun target pelaksanaan dan sebagainya.
Akhirnya
kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam
penyusunan program kerja ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas kebaikannya.
B.
Dasar
Hukum
1. Undang-undang Republik
Indonesia No 20 Taun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah Nomor 19
Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 tahun 2008 tentang
Kompetensi Teknis Tata Usaha Madrasah.
C. Tujuan
Program Kerja Tata Usaha
ini disusun dengan tujuan
:
1. Memberikan petunjuk
pelaksanaan kegiatan Administrasi di MTs Al-Irayad Al-Islamiyyah Haurgeulis.
2. Sebagai penjabaran dari
rencana Kerja Tata Usaha selaku tenaga Administrasi Madrasah
3. Untuk memudahkan pelaksanaan
supervise dan evaluasi yang dapat mengadakan tindak lanjut perbaikan /
pengembangan Tahun-tahun berikutnya.
4. Sebagai acuan pelaksanaan Administrasi
di MTs Al-Irsyad Al-Islamiyyah Haurgeulis.
5. Tertibnya
Administrasi Tahun Pelajaran 2010/2011
D. Ruang Lingkup
Tata
Usaha sebagai basis administrasi Madrasah merupakan bagian tak dapat dipisahkan,
yang memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pendidikan. yaitu sebagai :
a. Pengelolaan
administrasi kepegawaian, keuangan, , perlengkapan dan inventarisasi;
b. Pengelolaan
urusan rumah tangga, surat
menyurat dan kearsipan;
c. Penyiapan
data dan informasi Madrasah, kepustakaan dan hubungan masyarakat;
d. Pelaksanaan
penyusunan laporan kegiatan urusan tata usaha Madrasah.
E. Sistematika
Program Kerja Tata
Usaha Madrasah Tsanawiyah Al-Irsyad Al-Islamiyyah Haurgeulis Tahun Pelajaran
2010/2011 disusun dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Dasar Hukum
C. Tujuan
D. Ruang Lingkup
E. Sistematika
BAB II. ADMINISTRASI TATA USAHA
- Administrasi Kepegawaian
- Administrasi Keuangan
- Administrasi Kesiswaan
- Administrasi Barang
- Administrasi Ketatausahaan
BAB III SUSUNAN PERSONALIA
BAB IV ADMINISTRASI TATA USAHA
BAB V PENUTUP
BAB II
ADMINISTRASI TATA USAHA
A. Administrasi
Kepegawaian
a.1. File
Guru dan pegawai ( Dikumen guru dan pegawai )
a.2. Buku
induk guru dan pegawai
a.3. Buku
kendali ( buku jadwal kenaikan gaji berkala dan kenaikan tingkat )
a.4. Buku
DP3
a.5. Buku
DUK
a.6. Buku
Catatan kemajuan guru dan pegawai
a.7. Buku
cuti pegawai dan guru
a.8. Buku
mutasi pegawai
a.9. Buku
data sertifikat pelatihan/seminar guru dan pegawai
a.10. Rencana
pengembangan SDM
a.11. Analisis
kebutuham guru
Keterangan
:
a.1 ( File Guru dan pegawai ) merupakan kumpulan data / berkas berkas
masing – masing guru dan pegawai seperti SK. Pengangkatan pertama sampai dengan
terakhir, SK berkala, Karpeg, Taspen, Ijasah, dll. Manfaat dari file guru dan
pegawai untuk memudahkan mencari data dan mencari arsip-arsip data guru dan
pegawai.
a.2. ( Buku Induk Guru dan pegawai ) merupakan buku yang berisi data – data
guru dan pegawai manfaatnya untuk mengetahui jumlah guru yg ada, dan urutan
yang ke berapa mulai berada di instansi tersebut dll.
a.3. ( Buku Kendali ) merupakan buku yang berisi tentang jadwal
kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala bagi guru dan pegawai. Manfaatnya
untuk mengetahui kapan guru atau pegawai akan naik pangkat dan kenaikan
berkala.
a.4. ( Buku DP3 ) merupakan buku yang berisi sekumpulan nilai atas prestasi
kerja yang dilakukan. Manfaaatnya untuk syarat kenaikan pangkat dll.
a.5. ( Buku DUK ) merupakan daftar urutan pangkat guru dan pegawai. Mafaat
DUK untuk mengetahui urutan pangkat tertinggi sampai yang terendah.
B. Administrasi
Ketatausahaan
Dalam hal tersebut yang perlu disiapkan /
disediakan :
b.1. Program
kerja tata usaha
b.2. Absensi
dan rekap absen guru dan pegawai
b.3 Buku
agenda masuk keluar
b.4. Buku
ekspedisi
b.5. Sistem
penyimpanan arsip
Keterangan :
b.1. ( Program kerja Tata Usaha ) merupakan rencana kerja ketatausahaan
yang akan dilakukan selama tahun pelajaran berlangsung dengan bertujuan supaya
dalam melaksanakan tugas terarah sesuai program yang dibuat.
b.2. Absensi dan rekap absen guru dan pegawai digunakan untuk
mrngetahui kehadiran dan tidak kehadiran guru/pegawai dan jam berapa hadir dan jam
berapa pulang sedangkan rekap untuk mengetahui berapa jumlah masing-masing guru
yang tidak hadir dalam satu bulan.
b.3. Buku agenda masuk keluar buku yang mencatat surat
– surat masuk
dan keluar.
b.4. Buku ekspedisi buku yang digunakn untuk tanda terima bila mengantarkan
surat
b.5. Sistem penyimpanan arsip yaitu surat
masuk dan surat keluar disimpan sesui dengan
kode-kode yang ada dan diurutkan sesuai tanggal masuk atau keluar tujuan dari
system menyimpanan ini untuk memudahkan mencari kembali surat
yang masuk dan surat
yang kelauar dll.
C. Administrasi
Keuangan
Dalam hal tersebut yang perlu disiapkan /
disediakan :
c.1 Buku
Kas Umum
c.2. Buku
Kas Pembantu
c.3. Laporan
keuangan
Keterangan :
c.1. Buku Kas Umum merupakan buku yang mencatat penerimaan dan pengeluaran
yang dilakukan oleh bendahara tujuannya untuk mengetahu berapa jumlah uang yang
masuk dan berapa jumlah uang yang keluar sehingga bisa ketemu berapa saldonya
setiap bulan
c.2. Buku Kas Pembantu merupakan buku catatan pengeluaran secara rinci per
mata anggaran.
c.3. Laporan keuangan yaitu laporan keuangan Madrasah yang dipertanggungjawabkan
oleh Kepala Madrasah dan Bendahara
D. Administrasi
Barang
Dalam
hal tersebut yang perlu disiapkan / disediakan :
d.1. Buku
Induk / Inventaris barang
d.2. Buku
Non Inventaris
d.3. Buku
Pemeliharaan
d.4. Buku
kendali / stok barang
Keterangan :
d.1. Buku
Induk / Inventaris barang buku yang mencatat tentang barang yang telah
diperoleh baik dari pembelian dari droping maupun dari bantuan
d.2. Buku
Non Inventaris adalah buku yang mencatat barang-barang yang habis pakai baik
dari pembelian maupun bantuan.
d.3. Buku
Pemeliharaan adalah buku yang yang mencatat tentang barangbarang inventaris
yang di perbaiki.
d.4. Buku
kendali / stok barang adalah buku yang mencatat masing-masing barang untuk
diketahui berapa jumlah barang yang masuk dan berapa jumalah barang yang keluar
sehingga diketemukan sisa barang.
E. Administrasi Kesiswaan
Dalam hal tersebut yang perlu
disiapkan / disediakan :
e.1. Buku Induk siswa
e.2. Klaper
e.3. Buku mutasi masuk, keluar
e.4. Buku Prestasi
e.5. Rekap absen siswa
e.6. Buku kumpulan nilai
e.7. Daftar nominatif siswa
e.8. Foto copy ijasah/ DHUN/ Transkip/sertifikat siswa dan tamatan
e.9. Rapor siswa
Keterangan :
e.1. Buku Induk siswa buku yang mencatat tentang diri siswa yang diurutkan
sesuai dengan nomor induk siswa, selain data juga ditampilkan foto siswa serta
juga ditampilkan data pelaporan penilaian hasil belajar siswa.
e.2. Klaper buku yang mencatat nama siswa menurut abjad
e.3. Buku mutasi masuk, mutasi keluar buku yang mencatat siswa yang pindah
Madrasah atau DO, serta mencatat siswa yang mutasi masuk di dalam buku mutasi
juga terdapat rekapitulasi keadaan siswa buku ini setiap bulan dipertanggung
jawabkan kepada Kepala Madrasah.
e.4. Buku Prestasi buku yang mencatat prestasi yang diraih siswa baik akademis
maupun non akademis
e.5. Rekap absen siswa buku rekap yang berisi tentang rekap masing – masing
siswa yang tidak hadir dalam satu bulan.
e.6. Buku kumpulan nilai buku yang berisi tentang kumpulan nilai dari beberapa
bidang studi mulai dari semester satu sampai semester dua manfaat dari buku ini
untuk dipindahkan di buku induk siwa dalam lembaran pelaporan hasil belajar
siswa.
e.7. Daftar Nominasi siswa daftar susunan nama siswa yang akan
mengikuti Ujian Akhir Nasional
e.8. Foto copy ijasah/ DHUN/ Transkip/sertifikat siswa dan tamatan : kumpulan
ijasah siswa yang telah lulus, dikelompokkan sesuai tahun pelajaran
e.9. Rapor siswa : Buku hasil belajar siswa yang diberikan kepada siswa
setiap semester.
BAB III
SUSUNAN
PERSONALIA
MTs
AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH HAURGEULIS
TAHUN
PELAJARAN 210/2011
BAB IV
PRORAM KERJA TATA USAHA
Program kerja Tata Usaha
merupakan salah satu landasan / pedoman dalam rangka melaksanakan tugas Tata
Usaha Madrasah/Madrasah dan menitik beratkan pada penyusunan administrasi Madrasah
guna meningkatkan mutu pendidikan di MTs Al-Irsyad Al-Islamiyyah Haurgeulis
Tahun Pelajaran 2010/2011.
A. Program jangka pendek ( Kurun waktu 2010/2011)
Program
kerja jangka pendek merupakan bagian atau harus dilaksanakan tahun pertama oleh
Tata Usaha Madrasah, yaitu :
- Mengelola keuangan
- Menyusun Administrasi ketenagaan Madrasah
- Menyusun Administrasi Madrasah
- Penyajian data/ Statistik Madrasah
- Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7 K
- Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Ketatausahaan Madrasah secara berkala
- Hubungan Masyarakat.
- Program kerja jangka menengah merupakan kelanjutan atau penyempurnaan program jangka pendek, dan program jangka panjang merupakan rangkaian terakhir dari seluruh kerja Tata Usaha
- Evaluasi pelaksanaan program program jangka menengah yang mencapai penyempurnaan dilaksanakan dalam program kerja yang berikutnya (terakhir)
- Tabel Program kerja yang akan dilaksanakan kurun waktu : 2010/2011
No
|
BULAN
|
KEGIATAN
|
1.
|
Juli 2010
( 1 s.d 31)
|
|
2.
|
Agustus 2010
(1 s.d 31 )
|
|
3.
|
September 2010
( 1 s.d 31 )
|
10. Mendata
Siswa yang bermasalah dengan kehadirannya.
11. Laporan Realisasi rutin / SPJ BOS
12. Laporan Inventaris Barang
|
4.
|
Oktober 2010
(1 s.d 31 )
|
1.
Mempersiapkan
tempat untuk rapat dinas Guru dan pembagian tugas
2.
Pembuatan
Program Kerja Ulangan Tengah Semester
3.
Mendata
siswa yang bermasalah kehadirannya
4.
Pendataan
barang Inventaris yang rusak ( Kursi / meja untuk diperbaiki
5.
Pengumpulan
Ijazah siswa kls VII,VII & IX
6.
Pengetikan
Daftar Peserta UN/UM
7.
Pengajuan
jumlah Siswa Penerima BOS
8.
Laporan
Ketatausahaan
|
5.
|
November 2010
(1 s.d 31 )
|
|
6.
|
Desember 2010
( 1 s.d 31 )
|
|
7.
|
Januari 2011
( 1 s.d 31 )
|
|
8.
|
Februari 2011
( 1 s.d 31 )
|
|
9.
|
Maret 2011
( 1 s.d 31)
|
|
10.
|
April 2011
( 1 s.d 31
|
|
11.
|
Mei 2011
( 1 s.d 31 )
|
|
12.
|
Juni 2011
( 1 s.d 31 )
|
|
BAB V
PENUTUP
Demikian
Program Kerja Tata Usaha ini disusun dengan harapan dapat bermanfaat dalam
Pelaksanaan Administrasi di MTs Al-Irsyad Al-Islamiyyah Haurgeulis Tahun
Pelajaran 2010/2011.
Kepada
semua pihak yang terkait dalam ketatausahaan ini, kami berharap kerja samanya
untuk saling koordinasi dan mengevaluasi demi suksesnya administrasi di MTs
Al-Irsyad Al-Islamiyyah Haurgeulis. Dan atas segala dedikasinya kami ucapkan
terima kasih, jazakumullah khairan katsiran.
Dibuat di : Haurgeulis
Pada Tanggal : 11 Juli 2010
Kasubag
TU,
Romadhon
Tidak ada komentar:
Posting Komentar