Jumat, 05 Oktober 2012

Pramuka Agen Anti Radikalisme

Pramuka Mandiri Sebagai pramuka yang dididik menjadi generasi tunas penerus pejuang Bangsa Indonesia, maka peranannya dalam turut membentengi negeri ini dari berbagai ancaman dan gangguan sangatlah vital, apalagi disaat ini Indonesia sering kali dinodai oleh ulah sebagian kecil masyarakatnya yang suka main hakim sendiri, bertengkar dengan saudara sebangsa bahkan meneror dan merongrong persatuan nusantara.

Pramuka agen anti radikalisme, adalah ide yang sangat cocok karena sejarah dan kenyataan membuktikan pramuka sebagai organisasi yang sangat toleran dan mencintai perdamaian sepenuhnya tanpa pilih-pilih. Dalam pramuka ada berbagai macam perbedaan yang menyatu dalam gerak perdamaian, mulai dari beda warna kulit, bahasa, suku, bangsa, agama, negara bahkan ideologi dapat menjadi satu dan saling menghormati perbedaan tersebut tanpa rasa iri, dengki dan benci.

Tak ada organisasi seindah pramuka. Andaikan saja seluruh dunia menjadi seperti pramuka, maka perdamaian tentu akan selalu bersemi. Tak akan ada perang, saling menipu dan menyakiti. Akan selalu ada bantuan dan pertolongan tanpa 'dalih' apapun.

Maka, marilah sebagai pramuka kita mulai menginsyafi diri bahwa kita musti menjadikan pramuka ini sebagai bagian langsung penciptaan perdamaian dunia, dengan menjadi agen anti radikalisme, sehingga tak ada lagi teror, kerusuhan, tawuran, bentrokan dan sejenisnya di masyarakat..

Semoga dengan semangat dan aksi menjadikan pramuka sebagai agen anti radikalisme, ada peran nyata dari pramuka dalam turut membangun Indonesia menjadi bangsa yang damai dan mendamaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar