Rabu, 17 Oktober 2012

SKU Penggalang

Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) adalah sangat penting bagi setiap anggota pramuka untuk meningkatkan kemampuan dan keteramilannya. Tingkatan-tingkatan didalam masing-masing golongan anggota adalah didasarkan pada kemampuan setiap anggota dalam menempuh Syarat-sarat Kecakapan umum.

Hal tersebut disesuaikan dengan salah satu prinsip didalam Gerakan Pramuka yaitu prinsip sistem tanda kecakapan. Karena jumlah anggota penggalang lebih banyak dibanding golongan yang lain, serta syarat-syaratnya yang hampir sama dengan golongan penegak, maka dibawah ini adalah ringkasan materi dan langkah-langkah untuk membantu para pembina memberikan tes/ujian untuk para penggalang yang akan menempuh syarat-syarat Kecakapan Umum Tingkat Penggalang.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan didalam penempuhan syarat-syarat dari SKU, antara lain :
  1. Ujian Langsung, baik secara tertulis maupun lisan.
  2. Secara tidak langsung, pembina dapat mengamati apakah penggalang tersebut sudah dianggap mampu atau tidak pada syarat-syarat tertentu.
  3. Bentuk ujian/tes dapat pula berupa praktek/peragaan.
Catatan  : Perlu diperhatikan, bahwa sistem tanda kecakapan akan membuat para anggota didik lebih bersemangat didalam berlatih, oleh karena itu sudah sepantasnya pada pembina untuk menggiatkan para penggalang untuk senantiasa aktif dan bersemangat di dalam penempuhan syarat-syarat SKU ini.

Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU)
(silahkan klik syarat dibawah untuk mengetahui penjabarannya)

Tingkat Penggalang Ramu
Syarat No.1

Tingkat Penggalang Rakit
Syarat No.1

 
Tingkat Penggalang Terap
Syarat No.19
Syarat No.22
Dikutip dari buku : Andri Bob Sunardi, Panduan Pembina Pramuka, Cetakan Pertama 1996, KIBAR Bandung
You might like:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar